Cegah Asam Lambung, Hindari 7 Makanan Ini Menjelang Tidur - nonoput

Motivasi, Tips & Inspirasi

Advertisement

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Cegah Asam Lambung, Hindari 7 Makanan Ini Menjelang Tidur

Share This



Makan sebelum tidur sangat tidak disarankan dalam dunia medis. Selain bisa menambah berat badan, makan sebelum tidur dapat merusak jaringan di tenggorokan dan kerongkongan. Asam lambung akan terjadi dan menyebabkannya naik ke dada atau tenggorokan, sehingga menyebabkan sensasi terbakar (refluks). Selain gangguan pencernaan, makan sebelum tidur bisa menimbulkan sakit tenggorokan, batuk kronis, dan kesulitan menelan.
Menurut Laryngologist (ahli hidung, telinga dan ternggorokan), Jamie Koufman, MD, hampir 50 persen orang Amerika Serikat memiliki refluks, tapi tidak menyadarinya.



Koufman merekomendasikan agar makan malam paling lambat tiga jam sebelum tidur. "Tak cuma makan berat, makan makanan ringan pun disarankan untuk tidak dilakukan menjelang tidur," ujarnya kepada Women's Health Magazine.
Berikut tujuh makanan dan minuman yang harus dihindari sebelum tidur:

Alkohol
"Jika Anda minum alkohol sebelum tidur, maka cukup banyak kemungkinan untuk refluks," kata Koufman.
Soda
Tidak ada makanan yang lebih asam daripada soda. Bahkan, soda sebenarnya lebih asam daripada apa pun yang ditemukan di alam, kata Koufman. Asam dan karbonasi meningkatkan tekanan di dalam perut.
Cokelat
Rasa tertentu yang tinggi lemak bisa menyebabkan refluks. Demikian juga dengan kafein dan stimulan, yang disebut theobromine, juga bisa menyebabkan refluks.
Keju
Varietas keras, seperti parmesan lebih memiliki efek refluks yang lebih rendah daripada jenis lembut, seperti feta dan mozzarella.
Kacang-kacangan
"Kacang mete, kenari, dan kacang macadamia adalah jenis kacang-kacangan terburuk, yang harus dihindari," kata Koufman. Sementara jenis almond lebih baik.
Jeruk
Buah ini terkenal sangat asam. Segelas jus jeruk atau apel hijau adalah pilihan terburuk, tapi makan apel merah masih lebih baik.
Kopi
Kafein menghasilkan asam lambung. Jika ingin minum kopi, sebaiknya pilih yang tanpa kafein.
Jika Anda lapar menjelang tidur, Koufman menyarankan untuk mengonsumsi makanan rendah asam, seperti pisang, semangkuk sereal rendah lemak tanpa susu, atau teh chamomile.

Sumber.www.beritasatu.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages