Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak
bisnis yang semakin berkembang karena tersedianya teknologi pendukung.
Pemanfaatan teknologi yang saat ini sedang trend salah satunya adalah sosial
media marketing. Internet telah menjadi salah satu hal penting dalam bisnis
terutama dalam pemasaran atau marketing.
Dalam perkembangannya, sebuah bisnis selalu mengaitkan
sosial media sebagai salah satu alat yang paling efektif untuk berpromosi.
Banyangkan saja jika bisnis yang kita jalankan tanpa adanya dukungan dari media
sosial, pastinya marketing atau pemasaran tidak dapat berjalan dengan efektif
dan sempurna.
Sosial media marketing sangat penting bagi
perkembangan bisnis terlebih lagi di era digital sekarang ini, karena selain
mudah digunakan, biaya yang dibutuhkan pelaku bisnis untuk menjalankan bisnis
melalui sosial media juga murah.
Dalam ledakan teknologi dan sosial media ini muncul
strategi marketing yang sedang trend dan perlu untuk kita perhatikan. Berikut
ini adalah strategi marketing yang sedang trend dan perlu dikuasai oleh pelaku
bisnis untuk membantu pemasaran produk.
1.Content marketing
Konten marketing sekarang ini menjadi fokus
utama oleh banyak merek mengingat peran penting dan cara kerjanya dalam sosial
media, multimedia, search dan mobile. Banyak perusahaan yang masih belum
memahami pentingnya trend dan bagaimana konten marketing melandasi hampir
seluruh digital marketing. Konten merupakan dasar dari semua digital marketing
dan sangat penting untuk menciptakan brand awareness serta merambah keramaian.
2. Mobile marketing
Terus meningkatnya para pengguna ponsel pintar dan juga tablet, menjadikan
pesan pemasaran serta konten untuk platform mobile menjadi sebuah keharusan.
Dari perangkat kecil tersebut banyak konsumen yang membaca konten, menerima
email bahkan membeli produk. Oleh sebab itu, perusahaan dituntut untuk segera
mendesain ulang website dan blog agar responsif dengan perangkat bergerak.
3. Integrated digital marketing
Media sosial dan konten memiliki peranan penting pada hasil pencarian.
Google telah menciptakan Google+ dengan berbagai alasan termasuk salah satunya
adalah untuk menangkap sinyal sosial. Untuk itu pastikan bahwa setiap
pendekatan yang dilakukan memberikan kemungkinan untuk mengikat mereka semua
secara bersamaan demi mencapai suatu efektivitas yang maksimum.
4.Continuous marketing
Seorang marketing harus menyadari bahwa strategi marketing yang kuat sedang
marak dan disebut dengan continuous marketing. Namun, hal ini bukan
berarti Anda tidak boleh melakukan pemasaran produk atau promosi secara
offline. Kenyataannya adalah segala sesuatu yang ditemukan secara online
melalui media sosial, twitter stream serta penelusuran melalui Google
membutuhkan aktivitas SEO yang konstan, publishing, penciptaan konten dan
marketing.
5.Personalized marketing
Pendekatan marketing yang biasa terjadi di media tradisional dan televisi
menjadi kurang efektif karena adanya kejenuhan media. Kita bisa melihat
bagaimana adanya personalized marketing di situs e-commerce, email dan website
yang menyesuaikan dengan iklan dan user interface demi kepentingan konsumen
yang relevan.
Ketika mengunjungi bisnis online sekali dan kemudian berkunjung lagi,
website akan tahu siapa Anda. Email yang datang berikutnya juga telah
dipersonalisasi dengan produk yang telah Anda kunjungi ketika berbelanja
online.
Web akan menangkap kebiasaan Anda seperti membaca data, menyajikan
informasi yang relavan dan menerapkan intelegensi. Trend yang satu ini didorong
oleh teknologi dengan menggunakan “big data” sehingga dapat meningkatkan
efektivitas marketing.
6.Visual marketing
Pertama kali kita melihat lanskap visual marketing adalah beberapa tahun
yang lalu ketika YouTube hadir. Sejak saat itulah visual marketing terus
bermunculan seperti Instagram, Pinteres dan juga Slideshare. Dalam waktu 6
bulan terakhir ini, visual marketing sudah berada ditingkat yang baru. Anda harus
bisa memanfaatkan trend marketing ini sebagai salah satu cara untuk
meningkatkan keterlibatan secara online.
sumber:www.ciputraentrepreneurship.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar